Bali Ingin Wishnutama Perkuat Daya Saing Tingkatkan Wisman

oleh -
Ritual ibadah masyarakat Bali menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan mancanegara. Foto:Jalajah Nusae/adhi

JALAJAHNUSAE.com – Apa yang diinginkan Bali sebagai gerbang pariwisata Indonesia dengan dilantiknya Wishnutama Kusubandio sebagai menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2019-2024? Tentu masih banyak harapan agar Bali tetap sebagai destinasi top wisata Indonesia.

“Saya selaku Plt Kadis Pariwisata Bali mengharapkan agar menteri yang baru ini memperhatikan daya saing pariwisata Bali, karena kontribusi Bali terhadap nasional itu 40%. Oleh karena itu masalah kemacetan, sampah, air bersih, bandara ini kan perlu diperhatikan untuk meningkatkan daya saing pariwisata Bali,” kata Plt Kadis Pariwisata Bali I Putu Astawa sebagaimana dikutif detikcom, Rabu (23/10/2019).

Astawa menambahkan, Bali masih kalah bersaing dengan para negara tetangga di ASEAN, seperti Vietnam, Thailand, Singapura, dan Malaysia. Dari segi kunjungan turis, Bali masih kalah jauh dengan Thailand.

“Malahan Thailand sampai 40 juta kita baru 17 juta. Untuk meningkatkan kunjungan ini perlu pembenahan-pembenahan infrastruktur, bagaimana macet ini bisa diatasi kalau terus-terusan macet orang jadi bosan ke Bali,” tuturnya.