Siapa Kandidat Pemenang ISTA 2019

by -
Menteri Pariwisata Bapak Arief Yahya saat melakukan kunjungan kerja ke kawasan Puncak Waringin di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT),Selasa (23/7/2019). Puncak Waringin ini akan dikembangkan dan ditata menjadi sebuah kawasan wisata untuk dibangun Rest Area dan Souvenir Shop menggunakan arsitektur nusantara. Foto: dok kemenpar

JALAJAH NUSAE Р Beberapa daerah yang masuk dalam kandidat penerima Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2019, harap-harap cemas. Bagaimana tidak, inilah penghargaan paling bergengsi untuk dunia pariwisata tanah air.

Perlu diketahui kalau Indonesia telah mengadopsi SDGs (Sustainable Development Goals) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang dikeluarkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 2015.

Dari sebanyak 17 tujuan yang dicanangkan, tiga tujuan berkaitan langsung dengan sektor pariwisata, yakni; rencana pengembangan perekonomian lokal, mendukung produk lokal, dan pengelolaan kelautan yang lebih bertanggungjawab.

Sebagai tantangan bagi pengelola kawasan wisata untuk menghadirkan lebih banyak wisata dengan konsep pariwisata berkelanjutan, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggelar Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA).

Ajang penghargaan ini telah digelar sejak tahun 2017. Sejumlah destinasi yang telah menjadi pemenang ISTA antara lain; Taman Safari Indonesia (kategori Tata Kelola), Desa Wisata Panglipuran (kategori Budaya), dan Tanjung Puting (kategori Lingkungan).