Prambanan Menduduki Peringkat 8 Wisata Heritage Terbaik Asia

oleh -
Candi Prambanan di Jl. Raya Solo - Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kecamatan,Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta ini masuk dalam 8 Objek Wisata Heritage Terbaik di Asia versi Lonely Planet. Foto: IG-@abidibnu

JALAJAH NUSAE – Candi Prambanan masuk dalam daftar 8 objek wisata heritage terbaik di Asia versi majalah Lonely Planet tahun 2019. Diatas Candi Prambanan ada Yuhang Caves (China) dan  Punakha Dzong (Bhutan). Prambanan terpilih karena memiliki keunikan arsitekturnya.

Hasil penelurusan Jalajah Nusae, Rabu (24/7/2019), Lonely Planet mengulas tuntas bagian-bagian Prambanan yang digambarkan sebagai peninggalan masa lalu yang sangat mempesona.

Bangunan di Prambanan dimulai pada pertengahan abad ke-9 – sekitar 50 tahun setelah Borobudur. Tidak banyak yang diketahui tentang sejarah awal kompleks candi ini, walaupun diperkirakan bahwa itu mungkin dibangun oleh Rakai Pikatan untuk memperingati kembalinya dinasti Hindu ke kekuasaan tunggal di Jawa.

Seluruh Dataran Prambanan ditinggalkan ketika raja-raja Hindu-Jawa pindah ke Jawa Timur dan, pada pertengahan abad ke-16, gempa bumi dahsyat menggulingkan banyak candi.