Wisatawan Amerika Dilarang Masuk Uni Eropa

oleh -

JALAJAHNUSAE.com – Negara-negara Uni Eropa (UE) sepakat melarang wisatawan Amerika Serikat masuk untuk sementara waktu. Alasannya, negara adigdaya tersebut dinilai telah gagal mengendalikan pandemi corona (Covid-19).

Uni Eropa tengah berupaya menghidupkan kembali ekonomi mereka setelah dihantam badai Covid-19 yang meluluhlantakan sendir-sendir perekonomian.

Sebagaimana dilansir  New York Times, Selasa (23/6/2020) Amerika memiliki kasus virus corona terbanyak di dunia dan mengalami lonjakan infeksi baru sehingga membahayakan negara-negara lain yang dikunjungi para wisatawan asal Amerika.

Seorang diplomat UE mengatakan komisi eksekutif telah mengusulkan tiga kriteria untuk mengizinkan penumpang dari negara ketiga, termasuk pada situasi epidemiologis negara itu. Tingga, bagaimana negara-negara anggota UE menentukan seperti apa pengukuran dan ambang batas yang relevan.

“Tidak ada daftar (negara), hanya daftar kriteria,” kata diplomat UE lainnya kepada Reuters.

Diplomat itu mengatakan negara-negara anggota UE mempertimbangkan untuk menggunakan tingkat infeksi suatu negara per 100.000 orang guna memutuskan apakah akan mengizinkan wisatawan masuk.

Ambang batas ini  dinilai perlu untuk memperhitungkan faktor-faktor yang memengaruhi kehandalan data, seperti kapasitas pengujian COVID-19 suatu negara.

Komisi Eropa merekomendasikan agar secara bertahap membuka kembali perbatasannya untuk para pelancong dari luar Eropa mulai Juli.

(adh)