Tahun 2020, Disparbud Garut Targetkan Kunjungan Wisatawan 3,1 Juta

oleh -
Kunjungan wisman ke Candi Cangkuang Garut beberapa waktu lalu. (Dok. Pemkab Garut)

JALAJAHNUSAE.com -Pada tahun 2020, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut menargetkan kunjungan wisatawan ke wilayah Kabupaten Garut mencapai 3,1 juta. Hal ini terkait adanya reaktivasi jalur kereta dari Stasiun Cibatu ke Stasiun Garut.

“Di tahun 2019, terdapat sekitar 2,8 juta wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Garut. Dari jumlah tersebut, hanya sekitar 5 persen wisatawan mancanegara (wisman) yang datang,” papar Kepala Disparbud Kabupaten Garut, Budi Gan Gan Gumilar, Kamis (23/01/2020), disitat dari situs resmi Pemkab Garut.

Budi menyampaikan, biasanya wisman yang datang ke Bandung setelah berlibur di Bali lebih memilih Garut sebagai tujuan selanjutnya. Namun dikarenakan kondisi jalan ke Garut saat ini relatif sering macet, akhirnya wisman meneruskan perjalanan ke Yogyakarta dengan menggunakan kereta api.

“Hal itu juga disebabkan jumlah penerbangan ke Bandara Husein Sastranegara Bandung yang semakin berkurang. Jadi biasanya wisman dari Bali itu mendarat di Soekrano-Hatta, lalu ke Bandung. Dari Bandung ini mereka lebih memilih ke Yogyakarta dengan kereta,” ungkap Budi.

Ia juga menilai minimnya wisman yang berkunjung ke Garut karena aksesibilitas yang belum bervariasi, sebagai contoh, saat ini satu-satunya cara untuk pergi ke pusat kota Garut hanya menggunakan kendaraan bermotor, baik umum maupun pribadi.

“Di tahun 2020, kita ada kerteta api yang akan beroperasi menuju kota Garut, jadi kemungkinannya kunjungan wisatawan akan meningkat,” ucapnya.***(IG)