Wagub Uu Dorong Sukabumi jadi Destinasi Wisata Ikan Hias

oleh -
Wagub Jabar Uu Ruzhanul didampingi Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi saat meresmikan pasar ikan hias Sukabumi. (Foto Humas Jabar)

JALAJAHNUSAE.com – Kota Sukabumi memiliki potensi besar untuk didorong menjadi destinasi wisata ikan hias. Demikian disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum saat meresmikan pasar ikan hias Forum Ikan Hias Sukabumi Raya (Fiss Raya) di Sub Terminal Agribisnis (STA) Bungbulang, Cibeureum, Kota Sukabumi, Minggu (22/12/19).

Dalam kesempatan itu, Wagub Jabar yang didampingi Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menyampaikan, potensi produk ikan hias Sukabumi bisa didorong menjadi destinasi wisata di Jabar. Apalagi, Sukabumi pun terkenal sebagai pembudidaya ikan koi.

“Kami sedang berupaya untuk mengembangkan potensi apapun yang bisa menjadi wisata. Ternyata Sukabumi mempunyai potensi lain yang tidak dimiliki daerah lain, yakni potensi wisata ikan hias,” ujar Uu dalam sambutannya, yang bersumber dari rilis Humas Jabar.

Uu menambahkan, “Karena suasana di Jawa Barat itu ada wisata bahari, wisata rohani, termasuk wisata-wisata yang lain di dalamnya ada koi (ikan hias), maka kita mendorong supaya ini sukses. Kalau sukses wisata banyak yang datang, kalau banyak yang datang konsekuensinya adalah ekonomi Jawa Barat menyebar”.

Terkait hal ini, Uu meminta kepada pihak-pihak terkait untuk menyiapkan data otentik terkait asal usul ikan koi dari Sukabumi. Tujuannya agar bisa memperkuat bukti bahwa Sukabumi sebagai daerah asal ikan koi.