Belitung Timur Kembangkan Destinasi Wisata Edukasi

oleh -
Pantai Burong Mandi, di Desa Burung Mandi, Kecamatan Damar, Belitung Timur, tepatnya sekitar 20 km dari Kota Manggar atau 70 km dari kota Tanjung Pandan ini merupakan destinasi favorit karena keindahan pantainya. Foto diambil, Rabu (23/09/2020). (Foto: Jalajah Nusae/adhi)

BELITUNG TIMUR, Jalajahnusae.com -Langkah Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk mengembangkan pariwisata berkelanjutan terus dilakukan.

Salah satunya dengan menjadikan Pusat Informasi Geologi (PIG) sebagai destinasi wisata baru dengan konsep edukasi.

“PIG ini dibangun untuk dijadikan kawasan wisata baru yang dapat memberikan edukasi kegelogian kepada masyarakat maupun wisatawan,” kata Bupati Belitung Timur Yuslih Ihza di Manggar, kemarin.

Ia menjelaskan PIG yang dibangun menggunakan APBN sebesar Rp2 miliar ini untuk tempat bagi wisatawan dan masyarakat dalam memperoleh informasi mengenai keberagaman geologi, dinamika bumi, sejarah kehidupan, potensi bencana serta potensi sumber daya geologi dan pemanfaatannya.

“PIG ini akan menjadi destinasi yang bakal dikenal dunia, apalagi pada November 2020 pihak UNESCO akan memberikan status UNESCO Global Geopark untuk Geopark Pulau Belitung,” ujarnya.

Ia menjelaskan pembangunan PIG di Belitung Timur diprakarsai oleh Badan Geologi Kementerian ESDM atas permintaan pemerintah daerah.

PIG Pulau Belitung ini merupakan PIG ke 4 dimana sebelumnya Badan Geologi telah membangun PIG Toba dan PIG Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ia mengatakan Pusat Informasi Geologi Pulau Belitung ini akan memberikan informasi geologi Pulau Belitung yang lebih rinci dan tentunya berguna untuk masyarakat dan Pemerintah Daerah agar lebih mengetahui wilayahnya dan menjadi acuan dalam pengembangan pembangunan.

“Harapan saya kedepan sebelum wisatawan mengunjungi geosite-geosite yang ada di Pulau Belitung, mereka dapat terlebih dahulu datang ke sini. Sehingga mereka akan menerima edukasi tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan geopark,” ujarnya. (ant/adh)