Industri Spa Indonesia Berpotensi Raih Pasar Global

oleh -
Ketua Trisya Suherman dan Kadispar Banten Eneng Nurcahyati berfoto bersama peserta Forum Koordinasi Sertifikasi Usaha Pariwisata. (Dok. Kemenpar)

JALAJAH NUSAE – Potensi lain dari sektor pariwisata Indonesia yang cukup berpeluang besar meraih pasar global atau internasional yaitu industri spa. Karena industri ini memiliki berbagai produk yang dihasilkan telah memenuhi standar global.

Seperti yang diutarakan Ketua Yayasan Pariwisata Spa Indonesia (YPSI) Trisya Suherman dalam Forum Koordinasi Sertifikasi Usaha Pariwisata di Hotel Sol Marina Tangerang, Banten, Senin (22/7/2019), potensial industri spa Indonesia sangat besar termasuk tenaga kerjanya yang sudah dikenal berkualitas di berbagai negara.

“Manpower dan rempah-rempah Indonesia salah satu yang luar biasa dan terkenal bersama dengan Thailand, Filipina, Jepang, dan China. Bahkan di berbagai hotel di Maldives, terapis spa banyak yang berasal dari Indonesia,” papar Trisya bersumber dari siaran pers Kementerian Pariwisata.

Ia juga menuturkan, YPSI bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) akan menyelenggarakan kegiatan “Spa & Wellness Tourism Award 2019 Indonesia” pada September 2019 bagi pelaku usaha industri spa, profesional spa, dan pemilihan duta spa.

“Salah satu tolak ukur untuk bisa go internasional adalah membuat awards dan pemilihan duta wisata spa. Para pelaku industri dan terapis ini akan merasa bangga saat menerima penghargaan ini dan penghargaan ini sangat subjektif dan tidak bisa diperjualbelikan,” tambahnya.