Memasuki Normal Baru, Banyuwangi Verifikasi Kesiapan 30 Objek Wisata

oleh -
Gugus tugas covid Banyuwangi terus aktif melakukan simulasi dan evaluasi memantau kesiapan destinasi wisata, hotel, dan restoran dalam menyambut era new normal. foto: dok humas banyuwangi

JALAJAHNUSAE.com – Sedikitnya ada 30 objek wisata di Kabupaten Banyuwangi,Jawa Timur yang diverifikasi tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 sebagai kesiapan menjalankan era normal baru (new normal). Termasuk di dalamnya hotel dan restoran.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Banyuwangi, Senin (22/6/2020) mengatakan verifikasi untuk proses sertifikasi protokol kesehatan COVID-19 itu dilakukan di sejumlah sektor pariwisata daerah, karena sertifikasi menjadi syarat bagi sektor wisata untuk bisa dibuka kembali.

“Setelah masa simulasi, kini saatnya kami lakukan verifikasi. Bagi sektor wisata yang lolos penilaian akan mendapatkan sertifikat lolos uji protokol kesehatan COVID-19. Bagi yang belum lolos uji, nanti masih diberi kesempatan untuk memperbaiki lagi, sambil jalan disempurnakan,” katanya.

Ia menjelaskan, sertifikasi terhadap sektor wisata dilakukan daerah untuk memberi jaminan keamanan, kesehatan dan keselamatan bagi semua yang terlibat, baik pengelola maupun pengunjung.

“Sertifikasi ini adalah cara Banyuwangi untuk memberi jaminan kenyamanan dan keamanan bagi wisatawan. Karena kami sadar di masa pandemi ini bukan hanya pelayanan yang menjadi penilaian, namun kesehatan dan keamanan kini menjadi yang utama,” ucapnya.