1 Ramadhan 1441 Hijriah Jatuh Pada Jumat 24 April 2020,Tarawih Diminta Di Rumah

oleh -
Ilustrasi. Melihat Hilal dalam menentukan puasa. Foto:IG-@sultrainformasi

JALAJAHNUSAE.com – Setelah melalui hasil sidang isbat, pemerintah akhirnya  menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1441 Hijriah yang menandai ibadah bulan puasa 2020 jatuh pada Jumat (24/4/2020).

Penetapan awal Ramadhan ini berdasarkan sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama pada Kamis (23/4/2020) sore.

Menurut Fachrul Razi, sidang isbat menyepakati besok sebagai 1 Ramadhan 1441 H berdasarkan perhitungan hisab dan pemantauan hilal.

Dengan keputusan ini, maka mulai Kamis malam ini umat Muslim di Indonesia akan melakukan shalat tarawih.

Namun MUI maupun pemerintah sepakat agar pelaksanaan sholat tarawih dilakukan di rumah masing-masing.

Sedangkan, ibadah puasa pertama akan dilakukan besok.

Telekonferensi Pelaksanaan sidang isbat tahun ini memang berbeda dibanding sebelumnya karena dilakukan di tengah wabah Covid-19. Pemerintah kemudian memutuskan untuk melakukan sidang isbat melalui telekonferensi.

“Seiring kebijakan physical distancing dan sesuai protokol kesehatan, kita menghindari ada kerumunan,” kata Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag, Kamaruddin Amin pada 14 April 2020. “

Sidang isbat kali ini memanfaatkan teknologi teleconference sehingga peserta dan media tidak perlu hadir di Kementerian Agama.

Hadir dalam sidang isbat ini, Menteri Agama Fachrul Razi, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Abdullah Zaidi, Ketua Komisi VIII Yandri Susanto, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi, dan Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin. Sidang juga diikuti perwakilan ormas melalui aplikasi daring.