Pemkot Padang Akhirnya Tutup Sementara Tempat Hiburan dan Wisata

oleh -
Kota Padang
Pantai Air Manis di Kota Padang, Sumbar. (Foto Disparbud Kota Padang)

JALAJAHNUSAE.com – Sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19), Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) menutup sementara tempat hiburan dan wisata di Kota Padang. Hal ini dilakukan setelah Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah akhirnya mengeluarkan instruksi terkait penutupan tersebut.

Instruksi penutupan tersebut tertuang dalam Instruksi Wali Kota Padang Nomor 556.331/Disparbud/2020 tentang Penutupan Sementara Kegiatan Operasional Industri Pariwisata dalam Upaya Kewaspadaan terhadap Penularan Infeksi Corona Virus Disease (Covid-19), tertanggal 22 Maret 2020.

Di dalam instruksi ini, ada 12 tempat hiburan dan wisata yang ditutup sementara, antara lain klub malam, diskotik, pub/live music, karaoke, bar/rumah minum, griya pijat, bioskop. Kemudian arena permainan anak, billiard, kolam renang/water boom, spa/sante par aqua, dan game online/warnet.

Menurut Mahyeldi, penutupan tempat hiburan dan wisata di Kota Padang dalam rangka memaksimalkan upaya pencegahan penyebaran virus corona di Kota Padang. Untuk itu, selama penutupan berlangsung pelaku usaha/pengelola tempat hiburan dan wisata tidak boleh menerima tamu atau pelanggan.

“Kita berharap pelaku usaha tempat hiburan dan wisata di Kota Padang dapat mematuhi instruksi ini. Dan kita meminta jajaran aparat keamanan untuk memantau dan memastikan tidak ada aktivitas di tempat hiburan dan wisata tersebut,” tutur Mahyeldi, Minggu (22/3/2020), dikutip dari situs infopublik.id.

Lebih lanjut Mahyeldi menegaskan, wabah virus corona sangat berbahaya. Karena itu, ia mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga keselamatan jiwa agar terhindari dari virus ini.

Selain penutupan tempat hiburan dan wisata, sebelumnya Mahyeldi juga telah mengeluarkan instruksi pemindahan proses belajar mengajar (PBM) di sekolah mulai dari PAUD hingga SMP ke rumah masing-masing siswa, dari tanggal 19 Maret hingga 1 April 2020. Serta menutup 2 objek wisata di Kota Padang, yakni objek wisata Gunung Padang dan Pantai Air Manis.***(IG)