6 Pilihan Olahraga yang Pas Selama Social Distancing

oleh -
Yoga
Yoga, salah satu pilihan olahraga yang pas untuk di rumah. (dok. halodoc)

JALAJAHNUSAE.com – Kondisi terakhir Indonesia telah memasuki kondisi darurat pandemi Virus Corona (Covid-19), sehingga pemerintah mengimbau masyarakat untuk melakukan social distancing. Berbagai kegiatan berinteraksi sosial dikurangi dan dibatasi, dan masyarakat diimbau untuk berdiam diri di rumah.

Bagi beberapa orang yang biasa beraktivitas di luar rumah, kondisi tersebut mungkin akan menjenuhkan. Kadang bisa membuat tubuh lelah karena hanya berdiam diri di rumah. Nah untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit, Anda bisa memilih kegiatan olahraga yang pas dilakukan di lingkungan rumah.

Olahraga di rumah merupakan pilihan paling bijak untuk menjaga kebugaran tubuh dan menghilangkan stress. Selain itu, olahraga di rumah juga bisa menjadi salah satu upaya social distancing, agar rantai penyebaran virus corona bisa terputus.

Berikut ini ada enam (6) pilihan olahraga mudah dan murah yang dilakukan di dalam rumah atau di lingkungan sekitar rumah Anda.

Yoga

Yoga merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Namun, kita harus memilih gerakan yang tak terlalu rumit. Hal ini untuk menghindari risiko cedera karena tak ada pelatih yang mengawasi. Cukup lakukan beberapa gerakan yoga yang simpel atau yang sudah pernah dipelajari sendiri. Melakukan yoga sederhana juga dapat menjadi solusi untuk tetap sehat. Beberapa gerakan sederhana yang bisa dicoba di rumah, antara lain tree pose, cat-cow, dan mountain pose.

Selain bermanfaat untuk kesehatan fisik, yoga juga bagus untuk kesehatan mental. Ada juga manfaat lainnya, seperti menjaga metabolisme tubuh, meningkatkan pernapasan,  dan mencegah stress serta meningkatkan rasa damai dalam pikiran yang mungkin sedang penat. Apalagi yang sekarang sedang merasa takut dan cemas akan virus corona, melatih kemampuan yoga di rumah bisa menjadi obatnya.

Joging

Pilihan olahraga lainnya yang juga simpel dilakukan yakni joging. Jika biasanya dilakukan di sarana olahraga publik, kali ini bisa dilakukan di sekitaran komplek atau taman dekat rumah. Namun jika masih khawatir karena dalam situasi wabah corona, bisa memilih berlari-lari kecil bolak-balik di area halaman rumah atau menggunakan treadmill. Manfaatnya pun tak jauh berbeda.