Pembukaan Pariwisata Bali Untuk Turis Asing Ditunda

oleh -
Seorang penduduk lokal sedang berdoa di bibir Pantai Kuta Bali : (Foto: Jalajah Nusae/Adhi)

JALAJAHNUSAE.com – Pemerintah Provinsi Bali memutuskan untuk menunda rencana pembukaan kembali Bali bagi wisatawan mancanegara. Keputusan ini diambil dengan mempertimbangkan berbagai hal setelah melakukan pertemuan dengan berbagai elemen pariwisata, Sabtu petang (22/8/2020).

“Dalam upaya pemulihan pariwisata, Bali tidak boleh mengalami kegagalan karena akan berdampak buruk terhadap citra Indonesia termasuk Bali di mata dunia, yang bisa berakibat kontra produktif terhadap upaya pemulihan pariwisata,” demikian keterangan pers Gubernur Bali Wayan Koster yang diterima Jalajahnusae.com, sore ini.

Penundaan ini dilakukan sampai batas waktu yang belum ditentukan. Semula Pemprov Bali berencana akan membuka aktivitas wisatawan asing pada 11 September 2020 mendatang.

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan penundaan kunjungan turis asing ke Bali  tersebut adalah;

Masih berlaku Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 11 Tahun 2020 tentang Pelarangan Sementara Orang Asing Masuk ke Wilayah Negara Republik Indonesia.

Pemerintah Indonesia masih memberlakukan kebijakan yang melarang warga negaranya berwisata ke luar negeri, paling tidak sampai akhir tahun 2020.