Jawa Barat Resmi Miliki Sudut Budaya Sunda di Inggris

oleh -
Kang Emil saat mengenalkan angklung kepada Wali Kota Bracknell Town serta CEO South Hill Park Arts Center, Craig Tiley. (Foto Humas Jabar)

JALAJAH NUSAE – Dalam kunjungan kerjanya ke Inggris, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Sudut Sunda di South Hill Park, Bracknell, Inggris, Minggu (21/7/2019). Kang Emil sapaan akrab Gubernur Jabar ini, menyerahkan sejumlah alat musik tradisional seperti satu set degung, satu set angklung, satu set tarawangsa, dan sejumlah pakaian Sunda sebagai tanda pembukaan Sudut Sunda.

“Satu alat angklung itu menghasilkan satu not, diarahkan oleh konduktor dan akan menjadi sebuah irama lagu, seperti bohemian raphsody,” papar Kang Emil sembari mengenalkan angklung dan tokoh wayang golek, Cepot, kepada Wali Kota Bracknell Town serta CEO South Hill Park Arts Center, Craig Tiley dikutip dari laman Humas Jabar.

Dalam kesempatan yang sama, Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Indonesia di London, A Aminudin Aziz mengungkapkan, keberadaan Sudut Sunda dapat memperkaya perkembangan Seni Budaya Indonesia di Inggris yang biasanya dikaitkan dengan seni budaya Jawa seperti Yogya, Solo, dan Bali.