Kebun Binatang Bandung Tutup Sementara

oleh -

JALAJAHNUSAE.com – Dalam upaya untuk ikut mengurangi penyebaran Corona Virus (Covid-19), Kebun Binatang Bandung atau Bazoga (Bandung Zoological Garden), ditutup sementara.

Penutupan objek wisata edukasi di Kota Bandung ini, dilakukan selama 2 minggu, mulai dari 21 Maret 2020 hingga 4 April 2020.

Manager Komunikasi Bazoga, Sulhan Syafi’i menjelaskan, keputusan ini harus diambil manajemen sebagai langkah ikut serta dalam mengantisipasi penyebaran virus Corona yang sedang mewabah di sejumlah negara, termasuk Indonesia.

“Penutupan Kebun Binatang ini memang harus diambil selain untuk mencegah penularan Covid-19, juga karena adanya penurunan jumlah pengunjung yang rata-rata hanya 20 orang per hari. Namun tetap berpotensi menjadi inang atau pembawa penyebaran virus tersebut,” jelasnya, dikutip dari laman jabarprov.go.id.

Lebih lanjut Sulhan menuturkan, meski Kebun Binatang ditutup, namun ada beberapa karyawan yang tetap harus masuk dalam masa penutupan ini. Terutama keeper dan bagian nutrisi atau bagian pakan dan tim kesehatan, karena satwa-satwa harus tetap dirawat dan dipantau kesehatannya setiap hari.

“Penutupan ini berefek pada dirumahkannya karyawan harian, yang masuk hanya  karyawan bagian keeper yang memberikan pakan untuk satwa, itupun dilakukan secara bergantian. Jumlah keeper saat ini tercatat 38 orang yang artinya mereka melakukan sistem pembagian masuk di antara mereka secara adil,” lanjutnya.

Selain itu, Sulhan menyampaikan, manajemen tetap meninggalkan sejumlah sekuriti untuk menjaga dan berpatroli di kawasan seluas 14 hektar tersebut. Baik siang maupun malam untuk menjaga keamanan di kawasan kebun binatang yang memiliki 850 ekor satwa.

Ia juga menambahkan, pengumuman resmi penutupan ini juga diinformasikan melalui media sosial (medsos), baik Instagram, FB, Twitter maupun  website resmi Kebun Binatang. Sehingga pengunjung terinformasikan dengan baik atas penutupan Kebun Binatang Bandung.

“Informasi selama libur akan terus dibuka melalui medsos yang ada. Di sinilah masyarakat bisa mengetahui update perkembangan Kebun Binatang Bandung atau Bazoga.  Kebijakan ini sewaktu waktu bisa ditinjau bila kondisi lebih cepat membaik,” pungkasnya Sulhan.***(IG/Foto: dok. Bazoga)