Presiden Jokowi Resmikan Beli Kreatif Danau Toba

by -
Foto: Rudy Sitanggang/Sumut Pos

DAIRI – Jalajahnusae.com – Lewat conference call, Presiden Joko Widodo meresmikan Beli Kreatif Danau Toba di halaman Hotel Debang Resort Silalahi, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi, Sabtu (20/2). Beli Kreatif Danau Toba adalah program Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), program ini bertujuan untuk membantu pemasaran digital usaha mikro kecil menengah (UMKM) dari daerah Danau Toba.

Peresmian program ini dihadiri secara virtual oleh sejumlah menteri yakni  Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan, MenKeu Sri Mulyani, Menkominfo Johnny G Plate, Gubernur BI Perry Warjiyo, serta Wakil Menparekraf Angela Tanoesoedibjo.

Sementara itu, di lokasi hadir Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno serta sejumlah Deputi danPlt Direktur Utama BPODT Reza Pahlevi.

Dilansir dari Sumutpos, Jokowi mengatakan Beli Kreatif Indonesia telah sukses ke berbagai mancanegara.

“Kini Beli Kreatif Danau Toba hadir. Apalagi, Danau Toba sebagai kawasan pariwisata superprioritas (KPSP), yang memiliki berbagai potensi seperti wisata. Dan salahsatu produk yang sudah dikenal adalah kopi Sidikalang,” kata Jokowi.

Jokowi melanjutkan, danau vulkanik, pariwisata, dan ekonomi kreatif, mampu membangkitkan ekonomi Indonesia lewat digitalisasi agar lebih efektif. Pengembangan kreatif artisanal harus dilengkapi edukasi dan pendampingan, agar bisa maju dan bersaing dalam industri digital.

“Beli Kreatif Danau Toba akan menjadikan produk artisan dari kawasan Danau Toba semakin terkenal di dunia,” kata Jokowi. (JV/TSS)