Mantan Menteri Kebudayaan & Pariwisata I Gede Ardika Meninggal Dunia

by -
I Gde Ardhika - Foto: Pikiran Rakyat

Jalajahnusae.com – Mantan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, I Gede Ardika meninggal dunia, hari Sabtu (20/2/2021). Kabar duka tersebut disampaikan Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Ni Wayan Giri Adnyani dalam keterangannya, Sabtu 20 Februari 2021.

“Selamat jalan Bapak I Gede Ardhika, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata periode 2000 – 2004, dumogi polih genah sane becik, dumogi amor ing acintya (Semoga mendapatkan tempat terbaik, menyatu dengan Tuhan),” tulis Giri Adnyani dilansir dari Antara.

Diketahui, I Gede Ardhika lahir di Singaraja, Bali, pada 15 Februari 1945. Mendiang  berpulang pada Sabtu, 20 Februari 2021, sekitar pukul 07.46 WIB di Rumah Sakit Boromeus Bandung karena sakit.

Kabar duka meninggalnya I Gede Ardika juga disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno di akun twitternya.

“Turut berduka atas meninggalnya Bapak I Gede Ardika, Menteri Kebudayaan & Pariwisata periode 2000-2004. Terima kasih atas segala jasa yg telah diberikan untuk Bangsa ini, terutama dalam mengedepankan aspek budaya kita untuk meningkatkan sektor pariwisata & membuka lapangan kerja,” cuitnya.

Di era kepemimpinan Presiden Megawati Soekarnoputri, Ardhika fokus, untuk mewujudkan bangkitnya kembali dunia pariwisata di tanah air sehingga bisa semakin berkembang. Hingga dirinya menjadi salahsatu initiator pengembang program Desa Wisata. Sebelum wafat, ia dirawat intensif menyusul sakit yang telah lama dideritanya. (JV/TSS)