Ridwan Kamil Targetkan Kunjungan Wisatawan Jabar 2020 di Atas 60 Juta

oleh -
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat acara launching West Java CoE 2020. (Foto Humas Jabar)

JALAJAHNUSAE.com – Dalam acara peluncuran West Java Calendar of Event 2020 yang berlangsung di Grand Ballroom, Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Rabu (22/01/2020), Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menuturkan, target kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara ke Jabar tahun 2020 harus di atas 60 juta.

Ridwan Kamil memaparkan, sepanjang tahun 2019 lalu, kunjungan wisatawan ke Jawa Barat, baik lokal atau asing mencapai sekitar 60 juta orang. Jumlah itu melebihi target yang ditetapkan kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat.

“Target tahun lalu sebanyak 49 juta, ternyata melebihi target. Artinya wisatawan menyukai Jabar bahkan betah berlama-lama di Jabar. Itu melebihi prediksi kami,” ungkapnya, dikutip dari laman jabarprov.go.id.

Untuk itu, Emil –sapaan akrab Ridwan Kamil, meminta kepada Disparbud Jabar untuk mampu membuat target yang lebih baik di atas dari pencapaian tahun 2019. “Artinya tahun 2020 harus di atas 60 juta kunjungan wisatawan,” tegas Emil.

Baca juga: West Java Calendar of Event 2020 Dimeriahkan 167 Event Pariwisata

Emil juga meyakini target itu akan dapat dicapai ketika melihat potensi wisata di Jabar. Termasuk 167 event wisata yang bakal digelar sepanjang tahun 2020, terdiri dari 107 event kebudayaan, enam event musik, 23 event olahraga, lima event fashion, 10 event kuliner, serta 17 event ekshibisi.

Cara lainnya, lanjut Emil, setiap dinas harus memposisikan diri sebagai tour guide, semua tempat harus menjadi destinasi dan semua kegiatan adalah atraksi. “Saya minta semua dinas mampu menerjemahkan keinginan saya ini,” pungkasnya.***(IG)