Kadispar: Pemulihan Pariwisata Tergantung Sektor Ekonomi

oleh -
Taman Impian Jaya Ancol Jakarta merupakan salah satu tempat rekreasi yang terpaksa ditutup karena pandemi corona. Foto: Jalajah Nusae/adhi

JALAJAHNUAE.com – Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta Cucu Ahmad Kurnia menyampaikan, pemulihan pariwisata hingga kembali ke tahap normal bergantung pada sektor ekonomi.

“Harus dilihat dulu ekonominya seperti apa. Misalnya DKI Jakarta kita contohkan saja Ancol, nah itu pasarnya siapa? Marketnya siapa? Tentu orang Jakarta dulu. Nah orang Jakarta bagaimana kondisi ekonominya saat ini?” kata Cucu,Rabu (20/5/2020.

Sebagaimana diketahui semua  industri termasuk pariwisata merupakan sektor yang paling terpukul oleh pandemi virus corona. Salah satu tahap dalam mitigasi bencana Covid-19 adalah tahapan recovery yang dilakukan setelah masa tanggap darurat.

Oleh karena itu, menurut Cucu, pariwisata Jakarta akan pulih jika keadaan ekonomi warganya sudah pulih juga.

Orang-orang cenderung akan memilih berwisata jika sudah memiliki cukup uang. Dengan kondisi sulit saat ini perekonomian tersendat karena terhambatnya aktivitas.

Terlebih dengan perubahan kebiasaan orang berwisata ke arah New Normal yang lebih mengutamakan soal kesehatan dan kebersihan.