Ada 55 produk Konsorsium Hasil Riset dan Inovasi Diluncurkan Presiden

oleh -
Presiden Joko Widodo memperlihatkan sejumlah produk konsorsium hasil riset dan inovasi anak bangsa dipresentasikan di Istana Merdeka, Jakarta,Rabu (20/5/2020). foto: setneg

JALAJAHNUSAE.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan  55 produk konsorsium hasil riset dan inovasi anak bangsa,Rabu (20/5/2020).Produk-produk tersebut ditujukan untuk mempercepat penanganan Covid-19 di Indonesia.

Dari jumlah tersebut, terdapat sembilan produk unggulan yang beberapa di antaranya telah melalui uji klinis dan siap diproduksi secara massal.

Melalui video yang diunggah Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden pada 20 Mei 2020, Presiden Joko Widodo memperlihatkan sejumlah produk riset tersebut yang dipresentasikan di Istana Merdeka, Jakarta.

“Ini ventilator buatan dalam negeri yang sudah diproduksi. Ini bisa diproduksi kurang lebih 200. Kemudian ini yang kedua, ini juga sama (ventilator), sudah bisa diproduksi sampai 200 juga,” kata Presiden memperlihatkan produk emergency ventilator.

Sebanyak tiga produk ventilator diperlihatkan oleh Presiden dalam video tersebut. Dua di antaranya dikembangkan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bekerja sama dengan (masing-masing) PT Len Industri dan PT Dharma Polimetal yang sudah siap diproduksi.

Sementara satu ventilator lainnya merupakan hasil pengembangan dari Institut Teknologi Bandung (ITB) yang telah melalui uji klinis dan siap diproduksi sebanyak 1.000 unit.