PT Adhi Karya Targetkan LRT Jabodetabek Beroperasi Tahun 2022

by -
Kereta Cepat
Presiden Joko Widodo saat meninjau Pembangunan LRT Jabodebek dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung pada tahun 20219 di Jawa Barat. (Foto: dok setneg)Dalam kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Barat pada Kamis, 12 Desember 2019,

JAKARTA, Jalajahnusae.com – Transportasi masal Light Rail Transit (LRT) Jakarta-Bogor-Depok dan Bekasi (Jabodetabek) ditargetkan akan mulai dioperasikan pada pertengahan tahun depan.

“Diharapkan pada pertengahan tahun 2022, LRT Jabodebek sudah mulai beroperasi,” ujar Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk, Entus Asnawi Mukhson dalam seminar daring di Jakarta, Rabu (21/4/2021).

Menurut Entus, terkait operasional LRT Jabodebek tersebut membutuhkan pengujian-pengujian sistem, persinyalan dan sebagainya, serta teknologi yang digunakan oleh LRT Jabodebek ini driverless.

Sedangkan untuk pembangunan fisik LRT Jabodebek, Dirut Adhi Karya tersebut berharap dapat selesai sekitar Agustus-September tahun ini.

“InsyaAllah secara fisik sekitar Agustus-September tahun ini selesai,” kata Entus.

Dalam paparannya, dia juga menyampaikan bahwa progres pembangunan LRT telah mencapai 83,5 persen dengan 100 persen U-Shaped Girder telah terpasang.

Adapun progres pembangunan lintasan LRT Jabodebek di masing-masing lintasa, antara lain pembangunan Lintas 1 Cawang -Cibubur progressnya telah mencapai 93,7 persen. Kemudian progres pembangunan Lintas 2 Cawang-Kuningan-Dukuh Atas mencapai 82,7 persen, dan Lintas 3 Cawang-Bekasi Timur 90,3 persen.

Sedangkan untuk Depo LRT Jabodebek di Bekasi Timur, pembebasan lahan telah mencapai 100 persen dan progres konstruksinya mencapai 38,8 persen. (*/adh)

Sumber: Antara