Tangani Covid-19,Pemda Jabar Telah Gelontorkan Dana Rp 48 Miliar

oleh -
Seorang petugas medis sedang menjelaskan test kesehatan Covid-19 di Gedung Sate,Kota Bandung,Jumat (20/3/2020). Foto: Jalajah Nusae/adhi

JALAJAHNUSAE.com – Guna menangani wabah Covid-19, pemerintah daerah (Pemda) Jawa Barat telah menggelontorkan anggaran sebesar Rp. 48 Miliar. Setengah dari dana tersebut digunakan untuk membeli test kit dari Korea Selatan yang dinilainya lebih canggih dan cepat.

“Test kit yang digunakan Labkesda Jabar adalah tes kit yang teknologinya datang dari Korea Selatan. Tesnya menggunakan pola swab yaitu di hidung dan tenggorokan, makanya mahal karena ada dua alat,” kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam keterangan persnya di Gedung Sate,Jumat (20/3/2020).

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil mengungkapkan, pola rapid test COVID-19 yang sedang dilakukan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat untuk sementara hanya menyasar orang dengan pola sosial yang dekat dengan penyakit ini.

“Kami tes dulu pada pola sosial dekat penyakit ini, yaitu mereka yang bepergian, mereka yang merawat, kelompok PDP dan keluarga nya, itu dulu,” jelasnya.