Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Miliki Nilai Karakter Bangsa

oleh -
Asisten Deputi Nilai dan Kreativitas Budaya Kemenko PMK Alfredo Sani Fenat saat memimpin Diskusi Kelompok Terpumpun Pemanfaatan Objek Pemajuan Kebudayaan PROT melalui Implementasi di Lingkungan Pendidikan, Jakarta, Selasa (19/11/2019). (Foto jpp.go.id)

JALAJAHNUSAE.com – Dengan beragamnya suku bangsa, Indonesia memiliki kekayaan budaya yang begitu beragam pula. Salah satu budayanya yaitu permainan rakyat dan olahraga tradisional (PROT). Jumlahnya pun sangat banyak bahkan hingga mencapai ribuan jenis.

Contohnya, permainan rakyat hom pimpah alaih hom gambreng yang ternyata memiliki makna filosofis terkait Ketuhanan. Ada juga permainan congklak yang mengajarkan anak konsep berbagi dan membiasakan anak agar senantiasa memberi dengan tangan sendiri.

Seperti dilansir laman jpp.go.id, menurut Asisten Deputi Nilai dan Kreativitas Budaya Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Alfredo Sani Fenat, permainan rakyat dan olahraga tradisional sangat penting untuk digaungkan kembali di tengah kehidupan masyarakat.

“Melalui PROT ini kita bisa membangun karakter SDM Indonesia yang memiliki nilai-nilai karakter bangsa. Yang penting juga adalah bagaimana bisa menerapkan ini dalam satuan pendidikan,” paparnya saat memimpin “Diskusi Kelompok Terpumpun Pemanfaatan Objek Pemajuan Kebudayaan PROT melalui Implementasi di Lingkungan Pendidikan”, di Jakarta, Selasa (19/11/2019).