Hadapi Era Industri 4.0, Menpar Terapkan 3 Strategi Pariwisata

oleh -
Strategi Pariwisata menghadapi era industri 4.0. (Foto Kemenpar)

JALAJAHNUSAE.com – Dalam upaya pengembangan pariwisata di era industri 4.0, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya fokus menerapkan tiga strategi pariwisata. Demikian disampaikan langsung Menpar saat kick off Wonderful Indonesia Digital Tourism (WIDI) Champion 4.0 di Gedung Sapta Pesona, Kamis (19/9/2019).

Arief Yahya menyebutkan, tiga hal tersebut menurutnya hal yang tidak biasa dan harus dicapai dengan hasil yang tidak biasa. Tiga hal yang dimaksud, yakni deregulasi, teknologi, dan pengembangan sumber daya manusia (SDM).

“Karena taget kita tidak biasa. Presiden Joko Widodo juga melakukan hal yang sama, deregulasi peraturan dan pengembangan SDM, untuk itu, sentuhlah hal-hal strategis,” ujar Arief bersumber dari rilis Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

Acara WIDI Champion 4.0 sendiri melibatkan sebanyak 2.000 ASN dan unsur pentahelix di lingkungan Kemenpar.  Kegiatan tersebut merupakan program pembelajaran melalui kompetensi digital.

Arief juga mengungkapkan, berdasarkan data, wisatawan Indonesia sebagian besar telah berbasis digital untuk memesan segala hal yang dibutuhkan untuk liburan. Untuk itu, Program WIDI ini nantinya terfokus pada tiga hal, Smart Destinasi, Big Data, dan Sosial Media.