Gedung Sate Dicanangkan jadi Destinasi Wisata Sejarah dan Budaya

oleh -
Sejumlah wisatawan berkunjung ke Gedung Sate dengan menggunakan bis wisata "Bandros" beberapa waktu lalu. (Foto JalajahNusae/Iwan)

JALAJAHNUSAE.com – Gedung Sate yang menjadi ikon Jawa Barat dan pusat Pemerintahan Provinsi Jawa Barat, dicanangkan menjadi destinasi wisata sejarah dan budaya. Demikian dikatakan Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menghadiri pameran lukisan dan Anugerah Barli 2019 di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (19/8/19).

“Pameran ini (Anugerah Barli) bagian dari master plan Gedung Sate yang akan dijadikan wisata sejarah dan wisata kebudayaan,” papar Ridwan Kamil dikutip dari laman Humas Jabar.

Menurut Emil –sapaan akrab Ridwan Kamil-, ajang pameran lukisan Barli menjadi salah satu pembuktian Gedung Sate sebagai lokasi wisata budaya. Nantinya, dinding Gedung Sate akan dipenuhi lukisan yang menggambarkan sejarah berdirinya Gedung Sate, serta khazanah seni dan budaya dari 27 kabupaten/kota yang ada di Jabar.

“Hari ini kita ada pameran dari murid dan jaringannya Museum Seni Barli. Ada 150 lukisannya, bagus-bagus lukisannya. Mengindikasikan tingginya kebudayaan dan ekspresi kesenian di Jawa Barat.

Ia juga menyebutkan, Gedung Sate memiliki dua ruang besar, ada galeri barat dan galeri timur. Sesekali boleh digelar pameran, jadi tidak hanya acara administrasi pemerintahan, tapi juga bisa menjadi lokasi acara galeri kesenian, seni rupa, dan lain-lain.

“Kebudayaan akan menjadi salah satu fokus pembangunan Jabar. Pemerintah Daerah Provinsi pun tengah dan akan membangun pusat kebudayaan di setiap kabupaten/kota di Jawa Barat. Sudah kita tekadkan dalam lima tahun semua kota/kabupaten harus punya pusat kebudayaan,” ungkapnya.

“Jadi, kita akan mengedepankan kebudayaan, karena hidup ini bukan hanya urusan ekonomi. Penting juga kita merefleksikan relasi kita terhadap sesama manusia, kepada Tuhan, melalui ekspresi kesenian, khususnya seni rupa,” pungkas Emil.*** (IG)