Patahkan Mitos,Ramai-ramai Pakai Baju Hijau Di Pantai Parangtritis

by -
Pantai Parangtritis di Yogyakarta yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Foto: IG-@taf.rizal

JALAJAH NUSAE – Sebuah seruan yang diunggah di Facebook membuat heboh jagat maya. Pasalnya diakun tersebut meminta agar masyarakat ramai-ramai  menyerbu Pantai Parangtritis dengan baju hijau. Ajakan ini untuk mematahkan mitos pamali berbaju hijau yang sudah mengakar lama.

Dari pengamatan Jalajahnusae.com,Sabtu (19/7/2019) hingga pukul 05.33 WIB, acara di laman Facebook berjudul “Ayo ribuan orang serbu Parangtritis pakai baju hijau” yang akan digelar Minggu, 22 September 2019, pukul 10.00 WIB, sudah ada 5.900 orang berencana hadir, dan 12.000 lainnya tertarik.

Seruan ini, sama seperti di Amerika Serikat yang ingin pergi ke Area 51 yang misterius.

Memang selama ini, ada mitos legendaris terhadap orang yang berkunjung ke Parangtritis menggunakan baju hijau. Hal tersebut dianggap pamali, karena dapat mendatangkan marabahaya.

Orang mungkin sering mengaitkan dengan mitos Nyi Roro Kidul. Mitosnya, jika memakai baju putih atau hijau, akan terkena bahaya. Hijau adalah warna khas sang penguasa laut selatan.

Ada juga yang mengatakan, bahwa Nyi Roro Kidul akan menculik orang yang berbaju hijau ke dimensi lain. Namun ternyata, ada penjelasan ilmiah mengenai mitos di Pantai Selatan ini.