Pertamina Bantu Wastafel Portable Sebagai Bentuk Peduli PHBS

oleh -
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi memperlihatkan wastafel portable bantuan dari PT Pertamina yang dipasang di beberapa fasilitas umum di kota Sukabumi,Selasa (19/5/2020). foto: humas sukabumi

JALAJAHNUSAE.com – PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) III memberikan bantuan berupa 5 buah wastafel portable, yang akan ditempatkan di sejumlah fasilitas umum di Sukabumi.

1 unit wastafel portable diantaranya dialokasikan untuk Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Sukabumi. Bantuan ini merupakan bagian sosialisasi budaya Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS).

Selain wastafel, bantuan lain yakni cairan disinfektan sebanyak 10 jirigen, hand sanitizer sebanyak 40 botol, serta masker kain.

Sementara itu, Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana) Sukabumi, turut mendonasikan 100 paket sembako.

Sebanyak 4 unit wastafel portable secara simbolis diserahkan Sales Branch Manager Retail Sukabumi Adri Angga Aditya, kepada Walikota Sukabumi Achmad Fahmi, pada Selasa siang (19/5/2020), bersamaan dengan pemanfaatan satu unit tempat cuci tangan yang ditempatkan di kantor Balaikota.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menyambut baik bantuan tersebut dan mengapresiasi Pertamina Group yang sampai saat ini terus mendukung upaya pemerintah dalam mencegah penularan virus Corona.

“Kami berterimakasih atas bantuan ini sebagai upaya untuk mendorong masyarakat agar senantiasa cuci tangan dan berperilaku hidup bersih sehat. Budaya ini terus kami gaungkan kami sosialisasikan terus-menerus,” jelas Achmad Fahmi.

Menurut Fahmi, bagaimanapun juga pencegahan penularan virus corona itu harus datang dari masing-masing pribadi yang diawali dengan perilaku hidup bersih, dan diikuti dengan upaya lain seperti menjaga jarak sosial, dan berdiam diri di rumah.

Tempat cuci tangan berkapasitas 300 liter tersebut, akan ditempatkan di tempat-tempat pusat massa seperti pasar, jalan protokol, dsb.

Sementara itu, Unit Manager Communication Relation & CSR MOR III Dewi Sri Utami menyatakan pihaknya menggandeng Pemkot Sukabumi serta Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Sukabumi untuk bersama-sama melalukan upaya penanggulangan penyebaran virus Corona dengan mendukung penyediaan fasilitas untuk melengkapi kampanye Perilaku Hidup Bersih Sehat, yakni membiasakan cuci tangan dengan sabun.

Dewi menjelaskan bantuan wastafel portable dari Pertamina Group akan difokuskan di kantor Pemerintah Sukabumi dan fasilitas umum yang masih dilintasi pejalan kaki, pasar dan terminal.

“Selanjutnya pengelolaan wastafel tersebut kami serahkan kepada Pemerintah Kota, dimana dengan bantuan ini dapat mendorong masyarakat semakin sadar untuk senantiasa hidup bersih dan rajin mencuci tangan,” jelasnya.

(adh/ant)