Pemprov Jabar Terapkan Protokol Kesehatan di Pasar Tradisional dan Mal

oleh -
Seorang wanita muda melintas di depan Pasar Baru,Kota Bandung,Jawa Barat yang tutup karena PSBB, Rabu (20/5/2020). Pemprov kini sedang menerapkan protokol kesehatan di pasar tradisional dan mal. foto: jalajah nusae/adhi

JALAJAHNUSAE.com – Beragam upaya dilakukan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) guna mencegah kerumunan di pasar tradisional maupun modern jelang hari raya Idulfitri.

Mulai dari konsisten sosialisasi penerapan protokol kesehatan, pengawasan lapangan, sampai penyediaan wastafel portabel.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Indag) Arifin Soedjayana menyatakan, pihaknya telah menyebarkan surat edaran kepada pelaku perdagangan supaya menerapkan protokol kesehatan dalam berkegiatan jual-beli.

Surat edaran itu disebarkan juga kepada sejumlah asosiasi, seperti Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) dan Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI).

“Kami dapat memantau terkait keberadaan kondisi di lapangan yang terjadi. Makanya, kami tahu apabila di satu pasar atau mal terjadi kerumunan,” kata Arifin dalam jumpa pers di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (19/5/20).