Cari Info Hingga Periksa Mandiri Covid-19, Unduh PIKOBAR di Playstore

oleh -
Launching Aplikasi PIKOBAR
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat meluncurkan aplikasi PIKOBAR, Jumat (20/3/20). (Foto Humas Jabar)

JALAJAHNUSAE.com – Terkait informasi penting seputar Covid-19, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meluncurkan website dan aplikasi, www.pikobar.jabarprov.go.id atau mengunduh aplikasinya via playstore, PIKOBAR (Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Jawa Barat). Peluncuran digelar di Jabar Command Centre (JCC), Gedung B kawasan Gedung Sate Bandung, Jumat (20/03/2020).

Gubernur yang akrab disapa Emil ini menuturkan, dengan mengunduh aplikasi tersebut maka masyarakat, khususnya di Jabar bisa berinteraksi secara aktif untuk mengetahui perkembangan penanganan Covid-19 di Jabar.

“Banyak info yang bisa diperoleh di sini. Jadi tidak perlu panik langsung ke rumah sakit. Ada fasilitas untuk tanya jawab dan mengarahkan ke mana dulu sebelum ke rumah sakit rujukan,” tutur Emil dikutip dari laman Humas Jabar.

Lewat website dan aplikasi ini, masyarakat akan banyak memperoleh informasi. Seperti data rumah sakit rujukan dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Bahkan ada  fasilitas untuk donasi. Karena, menurut Emil, saat ini sudah banyak warga Jabar yang ingin menyumbang uang hingga peralatan medis untuk rumah sakit.

“Ada fitur cek atau periksa diri, ada video edukasi hingga berita hoaks yang perlu diwaspadai,” terang Emil.

Selain itu, Emil pun menyatakan apresiasinya atas kinerja tim IT Dinas Kominfo Pemprov Jabar yang mampu membuat aplikasi PIKOBAR dalam waktu singkat hanya satu minggu. “Kalau biasanya, mungkin perlu waktu satu bulan untuk membuat aplikasi selengkap ini, ini hanya satu minggu selesai. Saya apresiasi kepada tim IT Jabar,” ungkapnya.***(IG)