Jokowi Akan Resmikan Bendungan Napun Gete NTT

by -
Bendungan Nappun GT - Sumber: Dok. Istimewa PUPR

Jalajahnusae –  Bendungan Napun Gete yang berada di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) telah rampung. Seperti yang dikatakan Jokowi beberapa waktu lalu, Bendungan Napun Gete di NTT akan diresmikan peroperasiannya dalam waktu dekat ini.

Sebelumnya, dua bendungan lainnya di NTT, yaitu Raknamo dan Rotiklot telah tuntas dan diresmikan berturut-turut pada tahun 2018 dan 2019 oleh Jokowi.

Menyusul Bendungan Tukul di Pacitan, Jawa Timur, dan Bendungan Tapin, di Kalimantan Selatan yang telah diresmikan pada 14 dan 18 Februari.

Pengisian awal (impounding) Bendungan Napun Gete telah dilaksanakan mulai Desember 2020 lalu, saat ini juga tengah dilaksanakan beberapa pekerjaan akhir sebelum diresmikan beroperasi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meminta pembangunan ini selesai lebih cepat dalam rangka mendukung ketahanan air dan pangan nasional.

“Ketersediaan air menjadi kunci pembangunan di NTT yang memiliki curah hujan lebih rendah dibanding daerah lain. Untuk itu perlu dibangun banyak bendungan dan embung untuk mengatasi krisis air yang dibutuhkan untuk air minum, pertanian, peternakan, dan lainnya,” kata Basuki Jumat (19/2/2021). dilansir dari industry.co.id.

Saat ini proses pengisian air sudah mencapai 40 persen dari total daya tampung 11,2 juta meter kubik. Bendungan yang memiliki luas 99,78 hektar ini direncanakan mampu mengisi area irigasi seluas 300 hektar.

Diharapkan dengan selesainya bendungan ini nanti dapat mendorong pemulihan ekonomi pasca pandemi COVID-19 khususnya di bidang pertanian.

Bendungan ini juga direncanakan untuk pengendali banjir dan sebagai lahan konservasi serta pariwisata sehingga dapat membantu kesejahteraan masyarakat sekitar.

Pembangunan bendungan menggunakan biaya APBN sebesar Rp880 miliar yang dilaksanakan oleh kontraktor PT Nindya Karya (Persero) dengan masa pelaksanaan sejak Januari 2017. Selama masa pandemi COVID-19, pekerjaan pembangunan bendungan tidak dihentikan. (JV/TSS)