Jawa Barat Jadi Percontohan Manajemen Krisis Kepariwisataan

oleh -
Dok. Kemenpar

JALAJAHNUSAE.com – Provinsi Jawa Barat (Jabar) bersama dua provinsi lainnya, yakni Riau dan Nusa Tenggara Barat (NTB) ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) sebagai proyek percontohan implementasi Manajemen Krisis Kepariwisataan (MKK) Daerah.

Bersumber dari rilis Kemenpar, ketiga provinsi yakni Riau, Jawa Barat, dan NTB dinyatakan telah memiliki kesiapan untuk menjadi tiga daerah awal untuk dilakukan pembentukan MKK Daerah. Selain itu, ketiga daerah sudah memiliki komitmen besar terhadap sektor pariwisata dari mulai kepala daerah yang masing-masing punya potensi krisis yang beragam serta secara geografis mewakili tiga regional destinasi di Indonesia.

Jawa Barat dan Lombok misalnya, keduanya merupakan destinasi pariwisata yang memiliki potensi bencana alam cukup besar, khususnya gempa. Sementara Riau dikenal memiliki karakteristik bencana yang unik, yaitu kabut asap, yang tidak menimbulkan kerusakan fisik pada destinasi wisata, tetapi mengganggu penerbangan yang menyebabkan pembatalan grup wisatawan berkunjung ke Riau.

“Manajemen Krisis Kepariwisataan (MKK) fokus pada upaya mitigasi (40%) dan strategi kehumasan (60%),” ujar Kepala Biro Komunikasi Publik Kemenpar, Guntur Sakti.