Imbas Zona Merah, Objek Wisata Gunung Puntang Ditutup

oleh -
Wisatawan mendirikan tenda di Objek Wisata Gunung di Desa Campakamulya, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Baratditutup sementara karena adanya suspek Covid-19. Kawasan ini untuk sementara ditutup sejak Senin, (18/8/2020) akibat ditemukannya suspek Covid-19. (Foto:IG-@ngecamp_ah)

JALAJAHNUSAE.com – Ditemukannya kasus positif di Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat berimbas pada kegiatan objek wisata di Gunung Puntang, tepatnya di Desa Campakamulya.

Destinasi yang masuk dalam kawasan Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bandung Selatan Perum Perhutani itu terpaksa ditutup untuk umum mulai Senin (18/8/2020) sampai batas waktu yang belum ditentukan.

“Betul, saya meneruskan informasi dari rekan disana bahwa untuk sementara Objek Wisata Gunung Puntang ditutup sementara karena adanya suspek Covid-19,” kata Humas Kesatuan Bisnis Mandiri (KBM) Ecotourism Perhutani Divisi Regional (Divre) Jabar dan Banten (Janten) Renu Sureni kepada Jalajahnusae.com, Rabu (19/8/2020).

Sebelumnya, Administratur Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bandung Selatan Perum Perhutani, Tedi Sumarto menyampaikan bahwa kebijakan penutupan sementara objek wisata Gunung Puntang dilakukan sebagai langkah antisipasi setelah adanya warga Cimaung yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Wisata Gunung Puntang kami ditutup sementara. Tadi pagi (Selasa 18 Agustus 2020) kami dapat informasi dari Muspika Cimaung, bahwa di Kecamatan Cimaung itu ada kasus terkonfirmasi positif Covid-19,” terangnya, kemarin.

Dari informasi yang diterima Perum Perhutani dari Forum Komunikasi Pimpinan (Muspika) Kecamatan Cimaung, ada satu kasus baru warga yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Ditambahkan Tedi, penutupan objek wisata Gunung Puntang akan diberlakukan selama 14 hari ke depan.

“Kita mengikuti aturan untuk penutupan objek wisata Gunung Puntang sebagai pencegahan Covid-19 yakni selama dua minggu (14 hari). Tapi jika misalnya dalam satu minggu ke depan ada informasi terbaru dari Muspika bahwa wilayah Cimaung aman dari Covid-19, maka kita akan langsung buka kembali,” pungkasnya.

Adapun dari peta sebaran Covid-19 di Kabupaten Bandung, pada Selasa 18 Agustus 2020 terdapat 4 kasus positif aktif dan 2 kasus suspek di wilayah Kecamatan Cimaung. (adh)