Keren, Indonesia Punya 1.005 Pemandu Gunung Bersertifikasi

by -
Anggota Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia (APGI) saat mendampingi pendaki ke Puncak Gunung Elbrus. Foto: IG-@apgi_official

JALAJAH NUSAE – Sebagai negara dengan puluhan ribu gunung memang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Tak terkecuali para pendaki profesional dari luar dan dalam negeri. Begitu pun tak sedikit wisatawan biasa yang tergiur untuk mendaki beberapa gunung.

Seiring perjalanan waktu dan makin baiknya infrastruktur yang mendeketi beberapa puncak gunung,ternyata Indonesia juga telah siap dengan para pemandu professional.

Saat ini tercatat ada  1.005 pemandu gunung bersertifikat resmi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Pemandu gunung bersertifikasi hasil penilaian Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia (APGI) kini semakin siap melayani kebutuhan pemandu wisata  dalam industri pendakian gunung di Indonesia.

“1.005 pemandu gunung itu sesusai target awal ketika Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia (APGI) terbentuk bentuk pada tahun 2016 yaitu 1.000 pemandu bersertifikat dalam waktu 3 tahun,” kata Sekretaris Jenderal Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia, Rahman Mukhlis, Kamis (18/7/2019).

Bimbingan Teknis dan Sertifikasi Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia (APGI) Batch ke XIX yang dimulai pada 7-8 Mei 2019 lalu di Aula Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta. Foto : IG-@apgi_official

Rahman melanjutkan, APGI telah melaksanakan 21 kali gelombang kegiatan bimbingan teknis dan sertifikasi kompetensi yang berhasil mencetak 1005 orang pemandu gunung profesional di berbagai daerah di Indonesia.

Pemandu gunung bersertifikat tersebar di daerah Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Riau, Bali, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan Maluku.