Rumah Karyawan Diterjang Banjir, Agrowisata Gunung Mas Tutup Sementara

by -

Video detik-detik banjir bandang di Puncak Bogor klik di atas

BOGOR, Jalajahnusae.com – Manajemen Agrowisata Gunung Mas di Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor untuk sementara menutup seluruh kegiatan operasional mulai hari ini, Selasa (19/01/2021).

Kebijakan ini diambil akibat bencana banjir bandang yang terjadi pada pagi hari sekitar pukul 09.15 WIB mengakibatkan trauma yang dialami seluruh karyawan. Sebagian besar rumah staf dan karyawan PTPN VIII.

“Staf dan karyawan masih mengalami trauma. Kami memutuskan untuk menghentikan semua kegiatan operasional sampai batas waktu yang belum ditentukan. Namun, jika beberapa hari kedepan sudah pulih kembali kami akan buka lagi seperti biasa,” kata General Manager Agrowisata Gunung Mas, Hikmat Eka Karyadi ketika dihubungi Jalajahnusae.com, Selasa sore (19/01/2021).

Menurut Eka, jumlah warga terdampak sebanyak 450 kepala keluarga (sekitar 1200 jiwa). Mereka saat ini di evakuasi di tempat yang aman, dan masih berada di kawasan Agrowisata Gunung Mas.

“Kami menempatkan mereka di pondok-pondok (penginapan). Ada 21 pondok yang kami alihfungsikan untuk menampung para korban bencana banjir bandang ini,” jelas Eka.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian yang sangat tiba-tiba tersebut akibat tingginya intensitas hujan yang terjadi sejak Senin malam (18/01/2021).

Dua bangunan rumah mengalami rusak yang cukup parah dan jalan produksi di blok 20 terputus.

Selain karyawan ada juga warga atau penduduk yang bermukim di sekitar Agrowisata Gunung Mas ikut diungsikan. Mereka diitampung di Wisma Affandi kawasan Agrowisata “Gunung Mas PTPN VIII”.