Minat Liburan Natal dan Tahun Baru 2021 Naik Meski Didera Pandemi

by -
Ilustrasi. Liburan Natal dan Tahun Baru 2021 sudah dekat. Destinasi wisata pun mulai menyiapkan diri. (Foto: pixabay)

JALAJAHNUSAE.com – Online travel marketplace Wego.co.id merilis data cukup mengejutkan. Meski masih didera siatuasi pandemi corona, ternyata minat masyarakat untuk liburan di periode Natal dan Tahun Baru 2021 meningkat jika dibandingkan musim Lebaran 2020.

Dalam rilis resmi dari Wego Kamis (17/12/2020), peningkatan ini terlihat dari angka pencarian hotel melalui platform situs dan aplikasi Wego. Daerah yang peningkatannya paling signifikan adalah Bali.

Director, Growth Marketing APAC, Wego, Kaushal Pilikuli mengatakan bahwa salah satu penyebabnya adalah pada musim libur Lebaran 2020, pemerintah masih memberlakukan pembatasan sosial berskala besar dan melarang masyarakat untuk mudik.

“Kemudian di akhir Juni, pemerintah mulai merelaksasi peraturan dan mempermudah syarat perjalanan demi mempromosikan pariwisata domestik. Hasilnya, minat berwisata masyarakat lambat laun pulih, sehingga musim libur Natal dan Tahun Baru kali ini diperkirakan akan lebih ramai dari Lebaran,” sambung dia.

Bali menjadi daerah dengan jumlah pencarian hotel tertinggi di Indonesia. Kenaikannya mencapai 155,8 persen dibandingkan musim libur Lebaran 2020.

Selain Bali, kota dengan jumlah pencarian hotel terbanyak di musim Natal dan Tahun Baru 2021 adalah Jakarta, Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Urutan kota berdasarkan pada jumlah pencarian hotel dari tinggi ke rendah.

Pencarian tersebut dilakukan 1-60 hari sebelum bulan perayaan, untuk tanggal bepergian H-7 smapai H+7.