Pemprov Jabar Dorong Peningkatan Usulan WBTb Indonesia 2020

oleh -
Rapat pendalaman usulan WBTb Jabar pada 6 Desember 2019 lalu di Kantor Disparbud Jabar. (Foto Disparbud Jabar)

JALAJAHNUSAE.com – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov) melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat akan terus mendorong peningkatan pengusulan warisan budaya takbenda (WBTb) Jabar untuk ditetapkan sebagai WBTb Indonesia 2020.

Disparbud Jabar pun terus melakukan upaya-upaya peningkatan pengusulan WBTb Jabar menjadi WBTb Indonesia. Sebanyak 13 karya budaya Jabar telah ditetapkan menjadi WBTb Indonesia pada tahun 2019 dan untuk tahun 2020 telah masuk usulan dari kab/kota sebanyak 70 karya budaya.

Namun dari semua usulan tersebut, masih dibutuhkan upaya lain untuk melengkapi sejumlah persyaratan pengusulan ke tingkat nasional.

Menurut Kadisparbud Prov. Jabar, Dedi Taufik, Pemprov Jabar berkomitmen terhadap upaya pengusulan WBTb ke Tingkat Nasional sebagai bagian dari upaya Pemajuan Kebudayaan.

“Kerja sama dengan lembaga pendidikan dan komunitas akan terus diupayakan sebagai langkah akseleratif dalam meningkatkan jumlah usulan karya budaya Jabar untuk ditetapkan sebagai WBTb Jabar dan diusulkan menjadi WBTb Indonesia,” ujar Dedi Taufik yang dikutip dari laman Disparbud Jabar.

Terkait hal ini, Tim Verifikatur WBTb Jabar yang terdiri dari DR. Bucky Wibawa, DR. Dinda, DR. Laina, Zaini Alif dan Irvan Setiawan telah melakukan pendalaman usulan karya budaya dari kab/kota yang akan ditetapkan sebagai WBTb Jabar 2020 pada tanggal 6 Desember 2019 lalu di Kantor Disparbud Jabar.***(IG)