Pemkot Bogor Imbau Hotel Agar Ramah Anak

oleh -
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Kota Bogor Shahlan Rasyidi dalam kegiatan Pelatihan Konvensi Hak Anak (KHA) bagi Tenaga Pelayanan Perhotelan, di Paseban Sri Baduga, Balai Kota, Kamis (17/9/2019). (Foto Disparbud Kota Bogor)

JALAJAHNUSAE.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mengimbau kepada hotel-hotel yang ada di wilayahnya agar ramah anak. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Kota Bogor Shahlan Rasyidi dalam kegiatan Pelatihan Konvensi Hak Anak (KHA) bagi Tenaga Pelayanan Perhotelan, di Paseban Sri Baduga, Balai Kota, Kamis (17/9/2019).

Dalam presentasinya di hadapan para peserta, Shahlan memaparkan secara detail mengenai hal tersebut. Terkait hal ini, dikupas juga mengenai kualifikasi, syarat, dan kategori hotel ramah anak serta wisata yang ramah terhadap anak-anak.

“Memang belum seluruh hotel sudah mengimplementasikan soal ini, tapi sudah ada beberapa yang memulainya. Di mana hotel yang ramah anak ini diantaranya adalah seperti adanya imbauan-imbauan atau peringatan di sejumlah fasilitas hotel, seperti area kolam renang, play ground yang memasang peringatan,” papar Shahlan, dikutip dari laman disparbud.kotabogor.go.id.

Shahlan menjelaskan, imbauan atau peringatan yang dimaksud, antara lain seperti informasi kedalaman kolam, lantai yang licin di sekitar kolam sampai imbauan bagi para orangtua (tamu) yang membawa anak-anak untuk selalu waspada dan mengawasinya.

“Itu semua tidak lain untuk memberikan rasa aman dan nyaman untuk anak-anak dengan mengutamakan keselamatan jiwa anak dari permainan dan hiburan yang ekstrim, memastikan fasilitas seperti area liburan anak agar dapat diakses dengan mudah oleh anak,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Shahlan, imbauan ini juga bertujuan untuk penyelenggaraan pariwisata yang memiliki sistem keamanan berbasis kebutuhan anak, dengan mengutamakan pencegahan terjadinya kerawanan kehilangan atau penculikan anak.*** (IG)