WHO Targetkan Dua Miliar Vaksin Covid-19 Hingga 2021

oleh -

JALAJAHNUSAE.com – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bekerja keras untuk menghasilkan vaksin virus corona (Covid-19). WHO berharap ratusan juta dosis vaksin Covid-19 dapat diproduksi tahun ini dan dua miliar dosis pada akhir 2021. Hal itu disampaikan kepala ilmuwan WHO, Soumya Swaminathan.

Dia menuturkan, WHO sedang menyusun rencana untuk membantu memutuskan siapa yang harus mendapatkan dosis pertama setelah vaksin tersebut disetujui.

Swaminathan mengatakan, prioritas akan diberikan kepada pekerja garis depan seperti petugas medis, mereka yang rentan karena usia atau penyakit lainnya dan mereka yang bekerja atau tinggal di lingkungan transmisi tinggi, seperti penjara dan rumah perawatan.

“Saya berharap, saya optimis. Tetapi pengembangan vaksin adalah pekerjaan yang rumit, ia datang dengan banyak ketidakpastian,” ucap Swaminathan dalam sebuah pernyataan resminya, Kamis (18/6/2020).

“Hal baiknya adalah, kami memiliki banyak vaksin dan platform, sehingga bahkan jika yang pertama gagal, atau yang kedua gagal, kami tidak harus kehilangan harapan, kami tidak harus menyerah,” sambungnya.

Sekitar 10 vaksin potensial sekarang sedang menjalani uji coba pada manusia, dengan harapan bahwa suntikan untuk mencegah infeksi dapat tersedia dalam beberapa bulan mendatang.

Sejumlah negara juga sudah mulai membuat kesepakatan dengan perusahaan farmasi untuk memesan dosis, bahkan sebelum vaksin terbukti bekerja.

Swaminathan menggambarkan ambisi untuk ratusan juta dosis tahun ini sebagai optimis dan harapan untuk hingga dua miliar dosis, dari tiga vaksin yang berbeda pada tahun depan masih dalam tanya besar.

Dia menambahkan bahwa data analisis genetik yang dikumpulkan sejauh ini menunjukkan bahwa Covid-19 belum bermutasi dengan cara apa pun yang akan mengubah tingkat keparahan penyakit yang disebabkannya.

(adh/rts/SI)