Sri Mulyani Tambah Rp 27 Triliun Atasi Corona,Pemda Diberikan Kemudahan Alokasikan Anggaran

oleh -
Menteri Keuangan Sri Mulyani, baru saja menandatangani aturan yang bisa mempermudah Pemerintah Daerah (Pemda) mengubah alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)-nya di masa darurat corona ini. Foto: IG-@smindrawati

JALAJAHNUSAE.com – Pemerintah Indonesia ingin mempercepat pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19).Termasuk menekan dampak ekonomi yang diakibatkan wabah Covid-19 yang mematikan tersebut.

Untuk itu Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati telah menyiapkan dana sekitar Rp 27 triliun sebagai anggaran penanganan covid-19.

Dana tersebut berasal dari realokasi beberapa anggaran di kementerian dan lembaga, serta pemerintah daerah (pemda).

Sri Mulyani mengaku sudah mengirimkan surat edaran yang isinya memberikan keleluasaan bagi kementerian dan lembaga, serta pemda yang ingin merealokasi anggaran belanjanya untuk penanganan covid-19.

“Di dalam APBD dan anggaran K/L tidak ada pos untuk (penanganan) covid-19, maka dilakukan perubahan realokasi,” kata Sri Mulyani dalam paparan APBN Kita yang digelar via Videoconference, Rabu (18/3/2020).

Total anggaran sekitar Rp 27 triliun ini, kata Sri Mulyani berasal dari kementerian lembaga yang sebesar Rp 5-Rp 10 triliun.