Ridwan Kamil Jualan “Rebana” ke BUMN UEA

oleh -
Gubernur Jawa Barat menawarkan proyek kawasan industri Cirebon, Patimban, dan Kertajati (Rebana) kepada BUMN United Emirates Arab (UAE). Hal itu dilakukan saat mendampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut B Panjaitan dalam pertemuan dengan Menteri Energi United Emirates Arab di Abu Dhabi, belum lama ini. Foto: dok humas jabar

JALAJAHNUSAE.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut B Panjaitan menggelar pertemuan dengan Menteri Energi United Emirates Arab (UAE) dan BUMN UAE.

Pertemuan ini  untuk membahas realisasi investasi UAE pada proyek strategis Indonesia di Abu Dhabi, pada pekan ketiga Desember 2019.

“Saya diminta nemenin Pak Luhut, karena Pak Luhut punya (bidikan) ratusan triliun investasi Abu Dhabi mau ke Indonesia. Nanti tiap-tiap orang presentasi mau ngambil apanya. Saya diminta jualan Rebana,” kata Ridwan Kamil dalam keterangan persnya, Selasa (17/12/2019).

Selain Rebana, pihaknya memastikan akan mencari investor untuk Tol Bandung-Tasikmalaya-Banjar atau dikenal Tol Cigatas yang nilainya diperkirakan Rp50 triliun. Menurutnya proyek infrastruktur ini akan dijajakan pada para investor kakap di sana.

“Selain kawasan Rebana saya juga akan membawa tol ini ke Abu Dhabi,” papar Ridwan Kamil.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat memaparkan rencan aproyek Rebana dihadapan pelaku industri Kamar Dagang dan Industri (Kadin Jabar) beberapa waktu lalu. Foto: Jalajah Nusae/adhi

Ia menjelaskan, Tol Cigatas ini hanya salah satu dari total proyek Rp.113 triliun, yang akan dikembangkan Pemprov Jawa Barat.

Nilai tersebut sangat besar sehingga mau tak mau harus dibiayai juga oleh investor.

“Nah, kita akan membawa Tol Cigatas senilai Rp.50 triliun, kemudian pusat industri baru di Rebana (Cirebon, Patimban, dan Kertajati) itu kemudian waste to energy tiga proyek dan satu proyeknya pusat konvensi dan eksibisi Jawa Barat,” jelas Emil—sapaan Ridwan Kamil, kepada wartawan di Hotel Grand Sahid,Jakarta.