Merpati Airlines Akhirnya Terbang Lagi

oleh -
Setelah lima tahun mati suri akibat dililit hutang,maskapai Merpati Nusantara Airlines kembali akan terbang setelah disuntk dana segar dari sembilan BUMN. Foto:IG-@aviation_milenial

JALAJAHNUSAE.com – Setelah sempat mati suri  lima tahun lalu (2014) akibat terbelit utang hingga Rp 9,9 triliun,maskapai Merpati Nusantara Airlines kembali akan mengudara. Ini setelah mendapat bantuan dari 10 perusahaan Badan Usaha Milik Negara ( BUMN).

Kesepuluh perusahaan milik negara tersebut, yakni PT Garuda Indonesia, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, PT Pertamina (Persero), Perum Bulog, Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero), PT PLN (Persero), serta Himbara yang terdiri dari Bank BTN, Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank BRI.

Bersama Garuda Indonesia, Merpati bekerja sama dalam bidang Pelayanan Kargo Udara, Ground Handling, Maintenance Repair & Overhaul (MRO) dan Training Center.

“Komitmen sinergi kerja sama bisnis ini kami harapkan dapat menjadi momentum penting bagi Merpati Nusantara kembali beroperasi dan mengembangkan bisnis kedepan bersama dengan BUMN lain dalam semangat sinergi BUMN,” ujar Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara di Jakarta, Rabu (16/10/2019).

Garuda Indonesia Group bersama dengan beberapa BUMN lainnya seperti Semen Indonesia, Pertamina, Perum Bulog, Perusahaan Perdagangan Indonesia, dan PLN akan mendukung pengelolaan usaha kargo milik Merpati melalui aktivitas pelayanan pengiriman barang-barang (kargo) di wilayah Papua.

Dalam hal kerja sama pengelolaan usaha maintenance, repair, and overhaul (MRO), Merpati Nusantara juga bertindak sebagai agen pemasaran yang menyediakan layanan untuk perawatan turbin dari Pertamina dan PLN yang difasilitasi oleh MRO Merpati Nusantara Group dan Garuda Indonesia Group.