Ribuan Kendaraan Masuk Kota Cipanas, Beberapa Titik Macet Total

oleh -

JALAJAHNUSAE.com – Memasuki libur panjang yang bertepatan dengan perayaan ke-75 Hari Kemerdekaan RI, Kota Cipanas, Cianjur Jawa Barat dipadati wisatawan. Akibatnya kemacetan terjadi dimana-mana.

Puncaknya, terjadi pada Minggu (16/8/2020) saat ribuan kendaraan yang berasal dari Jakarta melalui Cianjur secara bersamaan menuju ke Cipanas yang berjarak 18 Km.

Biasanya saat kondisi normal Cianjur-Cipanas bisa dicapai dengan waktu tempo hanya 28 menit, tetapi dalam kondisi macet kemarin bisa sampai 2 jam lebih.

“Saya dari Kota Cianjur jam 12 tadi, sekarang udah jam 2 lebih masih di Cipanas,” kata Rudi warga asal Jakarta, yang memilih istirahat di Amkol, Desa Cipendawa, Pacet Cipanas ketika ditemui Jalajahnusae.com.

Menurut Rudi, ia bersama keluarga bermaksud untuk liburan di kawasan puncak Bogor. Jalur yang dipilih adalah melalui Jonggol.

“Perkiraan kita lewat Jonggol gak macet, tapi ternyata sama juga ya. Tadi di Cianjur gak begitu parah macetnya, baru mau masuk Cipanas sudah macet panjang,” tambahnya.

Pemantaun Jalajahnusae, kendaraan mulai mengekor sejak dari Tapal Kuda Cugenang. Ramainya pengunjung yang melintas membuat beberapa titik terjadi kemacetan total.

Seperti yang terlihat di Sata Maranggi Cipanas,Pacet. Banyaknya keluar masuk kendaraan menambah panjang kemacetan. Begitu pun di Pasar Cipanas, meski diberlakukan dua jalur tetap saja tidak mampu menampung membludaknya kendaraan pribadi.

Untuk angkutan umum jurusan Cipanas-Cianjur sempat memilih tidak beroperasi beberapa saat karena melihat kemacetan yang begitu panjang. Tak sedikit warga yang memilih turun sebelum sampai tujuan.

“Mau ke pasar ini, tapi macet ampun gak ketulungan. Mending saya jalan kaki,” kata Rusmini, warga Cigombong minta diturunkan di depan Hotel Palace dan melanjutkan jalan kaki ke Pasar Cipanas.

Tidak hanya kendaraan roda empat saja yang berhenti, termasuk sepeda motor juga terjebak di depan pasar yang sama sekali tidak bisa bergerak.

Sementara itu, kemacetan cukup parah terjadi di kawasan Puncak Bogor. Meski sempat diberlakukan rekayasa satu arah atau one way, namun akibat lonjakan kendaraan kemacetan kendaraan dua arah tak terhindarkan.

“One way ini diberlakukan mulai dari gerbang Tol Ciawi sampai dengan Masjid Attawun. One way sampai arus lalulintas mulai terkendali,” kata Kepala Urusan pembinaan Operasi  lalu lintas (KBO Lantas) Polres Bogor, Iptu Ketut Laswarjana, di gerbang Tol Gadog.

Ketut mengatakan, kepadatan arus lalulintas karena adanya lonjakan kendaraan dari Jakarta dan wisatawan yang kembali ke Jakarta sore ini. Polres Bogor menerjunkan 150 personil sepanjang jalur Puncak.

“Disebar di titik-titik rawan kemacetan persimpangan Pasir Muncang, Pasir Angin, Megamendung, Pasar Cisarua, Simpang Taman Safari hingga Masjid Attawun,” katanya. (adh)