RT/RW Ujung Tombak Sukses Tidaknya Penerapan PSBB

oleh -
Forum Sadulur Cipanas di Kabupaten Cianjur,Jawa Barat baru-baru ini menggelar aksi melawan Covid-19. Mereka selain mensosialisasikan penggunaan masker,penyemprotan cairan desinfektan juga memberikan bantuan nasi bungkus kepada warga kurang mampu. Foto: Jalajah Nusae/adhi

JALAJAHNUSAE.com – Keberhasilan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sangat ditentukan sejauhmana optimalisasi peran RT dan RW. Oleh sebab itu keterlibatan mereka sangat diperlukan untuk meningkatkan potensi keberhasilan kebijakan tersebut.

Demikian disampaikan Akademisi dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Mada Supriyati dalam webinar tentang COVID-19 yang dipantau melalui kanal YouTube di Jakarta, Kamis (16/4/2020).

Anggota Tim Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Fakultas Kedokteran UGM itu  mengatakan keberhasilan penerapan PSBB seharusnya dimulai dari pembentukan gerakan Satgas COVID-19 di level RT/RW atau tingkat desa.

Adanya Satgas COVID-19 di level RT/RW berperan untuk memantau kondisi kesehatan tiap warganya, promosi dan sosialisasi tentang upaya pencegahan penularan, dan bersama-sama memantau dan mendukung apabila ada warga yang harus melakukan karantina mandiri di rumah.

Satgas RT/RW tersebut bisa mendata warga yang terdampak ekonomi akibat pandemi COVID-19 dan memberikannya bantuan secara bergotong royong.