ILC Tamat, “Presiden” Karni Ilyas Pindah ke Youtube

oleh -
Karni Ilyas saat melakukan Talk Show dalam program Karni Ilyas Club dengan judul: "Bossman" Mardigu (Menteri Sekarang Banyak Yang Nggak Ngerti). (Foto: Screenshot Karni Ilyas Club)

JAKARTA, Jalajahnusae.com – Tayangan Indonesia Lawyers Club (ILC) pada Selasa malam (16/12/2020) menjadi yang terakhir tampil di layar kaca TV One.

Program debat yang selalu menghadirkan para tokoh ini telah berakhir dan tidak akan dilanjutkan pada tahun 2021 mendatang.

Dalam rilis resminya, Manajemen tvOne menyatakan bahwa ILC adalah sebuah brand and program televisi yang Hak Cipta dan Hak Siarnya dimiliki oleh pihak ketiga, bukan dimiliki oleh tvOne.

“Program ILC yang selama ini tayang di tvOne adalah hasil kerja sama yang didasari oleh kesepakatan antara tvOne dan pemilik hak siar ILC,” kata Manajemen tvOne, dalam keterangannya, Selasa (15/12/2020).

Lalu, sehubungan dengan telah berakhirnya kerja sama kesepakatan untuk periode tahun 2020, dan dalam rangka mengembangkan tayangan ILC ke depan, serta dalam mengantisipasi era digital yang akan terus bertumbuh ke depan, maka telah disepakati bahwa program ILC ke depannya akan ditayangkan di platform digital.

“Pihak tvOne dan pemegang hak siar ILC sama-sama memandang bahwa program ILC memiliki potensi untuk dapat berkembang lebih pesat lagi di platform digital,” kata Manajemen tvOne.

Sementara itu Presiden Indonesia Lawyers Club (ILC) Karni Ilyas menyatakan tidak ada campur tangan pemerintah dibalik cuti tayang program ILC pada tahun depan.

“Bukan karena pemerintah takut atau larang, ini lebih ke keputusan manajemen kami sendiri,” kata Karni merespon pertanyaan Ekonom Senior Rizal Ramli dalam episode terakhir ILC bertema Renungan Akhir Tahun: Dampak Tekanan Ekonomi, Ibu Bunuh Anak, Suami Bakat Isteri”, semalam.

Jauh sebelum keputusan cuti ILC, Karni Ilyas telah me-launching channel Youtube berjudul; Karni Ilyas Club (KIC). Dari hasil pemantauan Jalajahnusae.com, Rabu (16/12/2020) hingga saat ini sudah memiliki 179.000 subscriber. (adh)