Dongkrak Pariwisata, Desa Bawomataluo Diajukan jadi Warisan Dunia UNESCO

oleh -
Seni Tradisi Lompat Batu Nias. (Foto pesona.travel)

JALAJAHNUSAE.com – Desa tradisional Bawomataluo di Kabupaten Nias Selatan direncanakan akan diajukan oleh Pemerintah dan Panitia Pusat Sail Nias 2019 menjadi warisan dunia UNESCO.

Daya tarik Desa Bawomataluo sendiri memiliki tradisi unik yakni Lompat Batu. Tradisi tersebut hanya bisa ditemukan di Kepulauan Nias khususnya Desa Bawomataluo yang masih melestarikannya hingga saat ini.

Seperti dilansir laman kominfo.go.id, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan, usulan untuk mengajukan Desa Bawomataluo menjadi warisan dunia UNESCO disampaikan dalam Seminar International on Nias Heritage 2019 di Gunungsitoli, yang merupakan rangkaian kegiatan Sail Nias.

“Keindahan dan kekayaan alam di daerah ini tidak perlu diragukan, dalam Seminar International on Nias Heritage 2019 di Gunungsitoli yang merupakan rangkaian kegiatan Sail Nias. Salah satunya untuk mengajukan Desa Bawomataluo menjadi warisan dunia UNESCO,” ungkap Luhut di Nias Selatan, Sabtu (14/09/2019) lalu.

Luhut meyakini, dengan masuknya Desa Bawomataluo dalam situs warisan budaya UNESCO, akan meningkatkan jumlah wisatawan asing ke Kepulauan Nias.