Pemandu Wisata Gunung Harus Lebih Kompeten di Era New Normal

oleh -
Seorang pemandu wisata Gunung Dieng di Kabupaten Banjarnegara,Jawa Timur saat membawa rombongan wisatawan. foto: @pemanduwisatadieng

JALAJAHNUSAE.com – Memasuki tatanan kehidupan baru (new normal), para pemandu wisata gunung di Tanah Air dituntut semakin kompeten dalam menghadapi tantangan pariwisata.

Hal ini penting mengingat saat  di era normal baru segmen wisata alam diperkirakan justru akan diminati wisatawan pascapandemi.

Direktur Pengembangan Sumber Daya Manusia Pariwisata Kemenparekraf/Baparekraf Wisnu Bawa Tarunajaya dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (16/6/2020), mengatakan pandemi COVID-19 membawa perubahan mendasar atas kebutuhan wisatawan ke depan yakni lebih mengutamakan faktor kebersihan, kesehatan, dan keamanan dalam berwisata.

Terlebih nantinya diperkirakan akan banyak wisatawan yang memilih aktivitas di alam seperti mendaki dan aktivitas gunung lainnya.

“Kita tidak bisa menghindari keberadaan COVID-19, tapi setelah ini pariwisata pasti akan booming. Terutama dalam aktivitas berbasis alam, mereka akan lebih memilih pariwisata yang berkelanjutan,” kata Wisnu.

Ia sempat berbicara dalam acara pelatihan pemandu wisata gunung dan instruktur pemandu wisata gunung secara daring, Senin (15/6/2020).