Tenaga Pendidik Disarankan Tes Covid-19 Sebelum Kembali Mengajar

oleh -
Ilustrasi.Kemendikmud berencan membuka kembali proses belajar mengajar di sekolah pada Juli mendatang.

JALAJAHNUSAE.COM – Tenaga pendidik disarankan melakukan pemeriksaan virus corona (Covid-19) secara berkala jika kegiatan belajar mengajar dilakukan kembali di sekolah.

“Sebagian besar siswa kita, dosen, tenaga pendidikan harus dites dan jangan sampai ada masalah biaya di sana (pemeriksaan,” kata Pengamat pendidikan dari Universitas Yarsi, Fasli Jalal melalui konferensi video, Jumat (15/5/2020).

Seperti diketahui,  Kemendikbud berencana membuka sekolah kembali pada Juli mendatang.

Dari pemeriksaan tersebut, lanjut Fasli, satuan pendidikan bisa mengetahui jika ada siswa atau pendidik yang terpapar virus selama berkegiatan di sekolah.

Hal ini menurutnya penting, mengingat rentang usia siswa yang masih muda membuat mereka menjadi pembawa virus paling efektif.

“Justru karena dia muda punya daya tahan, dia bisa terinfeksi tanpa diketahui tanpa gejala, dan celakanya setelah masa inkubasi menularkan orang-orang di rumahnya,” Fasli yang merupakan mantan wakil menteri pendidikan.

Selain itu ia menilai pemerintah juga perlu mempertimbangkan jumlah kasus baru dalam rentang waktu tertentu sebelum membuka kembali kegiatan di sekolah.