Tetap Bekerja di Saat PSBB? Ikuti 6 Tips Aman Berikut Ini!

oleh -
Ilustrasi: Kegiatan Bekerja. (Foto piqsels)

JALAJAHNUSAE.com – Demi memutuskan mata rantai penularan pandemi covid-19, pemerintah telah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Jakarta dan disusul sebagian wilayah Jawa Barat.

Kini dengan adanya PSBB tersebut, mayoritas perkantoran pun telah menginstruksikan karyawannya untuk work from home (WFH) atau bekerja dari rumah. Namun masih ada juga beberapa perusahaan masih terus melangsungkan aktivitas seperti biasa. Seperti golongan pekerjaan, antara lain petugas keamanan, kurir ekspedisi, atau orang-orang di balik jasa pengiriman logistik harus standby untuk memastikan pengiriman dapat diterima dengan baik oleh pelanggan.

Nah bagi Anda yang termasuk ke dalam golongan orang yang masih bekerja seperti biasanya, berikut ini ada enam (6) tips aman bekerja saat PSBB yang bisa untuk dicoba.

Jaga Jarak Fisik

Tips pertama yang dapat dilakukan adalah menjaga jarak fisik dengan orang lain (Physical Distancing). Baik itu dengan teman satu tim atau orang-orang yang ditemui di fasilitas umum. Jarak yang dianjurkan yaitu sejauh 2 meter untuk benar-benar menghindari droplet atau cairan air liur dari mulut seseorang. Prosedur jaga jarak telah sering kali didengar, mengingat langkah ini merupakan langkah yang efektif dalam mencegah penularan virus corona (Covid-19).

Gunakan Anggota Tubuh Selain Telapak Tangan

Biasanya banyak kegiatan yang dilakukan dengan jari tangan dan telapak tangan, nah sekarang cobalah untuk tidak melakukannya lagi atau menguranginya. Seperti menekan tombol lift atau membuka pintu dengan siku tangan. Beberapa kantor biasanya menggunakan plastik perekat pada gagang pintu atau tombol lift yang diganti secara berkala guna menekan penyebaran virus. Ada juga yang menyediakan tusuk gigi untuk menekan tombol lift.