Kemenparekraf Siapkan Bantuan Untuk 1,1 Juta Pekerja Sektor Pariwisata

oleh -
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio. Foto:IG-@wishnutama

JALAJAHNUSAE.com –  Sebanyak 1,1 juta pekerja di sektor pariwisata bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah melalui program kartu prakerja. Bantuan ini diberikan di tengah rontoknya industri pariwisata akibat penyebaran virus corona di dalam negeri.

“Ada 1,1 juta terkait tenaga kerja yang dapat kira-kira bisa mendapatkan kartu prakerja,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio dalam video conference, Kamis (16/4/2020).

Ia mengaku telah berkoordinasi dengan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah terkait fasilitas program kartu prakerja untuk pekerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Selain itu, ia juga berkoordinasi dengan kementerian/lembaga lain dalam memberikan bantuan kepada pekerja di sektor tersebut.

Diketahui, pemerintah sudah membuka pendaftaran gelombang pertama untuk program kartu prakerja sejak Sabtu (11/4) kemarin hingga hari ini pukul 16.00 WIB. Jumlah peserta yang akan diterima pada gelombang pertama sebanyak 164 ribu orang.

Kemudian, peserta yang tak terpilih pada seleksi awal bisa mengikuti gelombang kedua. Secara total, pemerintah akan menyalurkan kartu prakerja kepada 5,6 juta orang terdampak pemutusan hubungan kerja (PHK) serta pekerja informal yang pendapatannya tertekan akibat penyebaran virus corona.

Lebih lanjut Wishnutama menjelaskan terdapat 2,1 juta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bergerak di sektor pariwisata yang akan dibantu oleh pemerintah.

Ia bilang pihaknya akan bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah untuk memberikan bantuan tersebut.

Lalu, pemerintah juga sedang mengkaji bantuan untuk pekerja kreatif yang berkaitan dengan seni. Wishnutama akan menggandeng Kementerian Sosial dalam menyiapkan bantuan kepada mereka.

“Kami bekerja sama juga dengan Kementerian Sosial untuk berikan bantuan sosial (bansos) secara langsung. Ini juga sedang dalam perencanaan agar lebih tepat sasaran,” terang Wishnutama.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajarannya untuk menyiapkan sejumlah stimulus ekonomi bagi pelaku usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang tertekan virus corona.

Selain itu, Jokowi juga meminta kepada ‘pembantunya’ agar pekerja di sektor pariwisata mendapatkan bantuan dari program perlindungan sosial yang digelontorkan pemerintah.

“Perlu stimulus ekonomi untuk pelaku usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, ini dibuat agar mereka bisa bertahan dan tidak terjadi PHK besar-besaran,” tandas Jokowi.

(adh/*)