Sandiaga dan Trenggono Sepakat Kembangkan Wisata Bahari Indonesia

by -
Ilustrasi Wisata bahari - sumber: atjeh.biz

JAKARTA, Jalajahnusae.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mendatangi Kantor Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono. Dalam pertemuan tersebut, Trenggono berkomitment mendukung pengembangan wisata bahari Indonesia.

Sandiaga optimistis bahwa wisata bahari bisa mengangkat ekonomi sektor wisata. Karena destinasi wisata Indonesia merupakan kawasan terbuka. Sehingga aman dari ancaman virus.

Dilansir dari merdeka.com, Trenggono mengatakan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memiliki pesisir dan ruang laut dari Sabang hingga Merauke yang bisa dimanfaatkan sebagai destinasi wisata bahari. Ada juga kapal-kapal tidak terpakai yang bisa dimanfaatkan menjadi restoran terapung sebagai destinasi wisata kuliner.

“Kalau kita berharap pada destinasi wisata seperti zaman normal rasanya berat. Harus ada sesuatu yang menarik. Logikanya kalau orang berwisata di laut jauh lebih sehat. Image ini harus dibangun dulu,” kata Trenggono saat bertemu Sandiaga di Kantornya, Jakarta, Senin (15/2) seperti yang dilansir Jalajahnusae.com dari Merdeka.

Dirinya melanjutkan, pengemasan destinasi pariwisata harus didukung oleh protokol kesehatan yang ketat. Selain itu juga harus memerhatikan kelestarian lingkungan supaya hasilnya tidak hanya pertumbuhan ekonomi masyarakat tapi juga terjaminnya keberlanjutan ekosistem pesisir dan laut.

Sandiaga memuji program tambak udang milenial yang digagas KKP. Menurutnya, program tersebut dapat diintegrasikan dengan program-program di kementeriannya sehingga dampak ekonomi yang dihasilkan bisa lebih besar.

Dirinya sepakat, untuk mengembangan wisata bahari dirinya akan menyiapkan skema. Ia yakin dengan program yang digagas KKP, wisata bahari akan lebih berkembang.

“Kita mau allout garap wisata bahari, mau kolaborasi,” ujar Sandi. (JV/TSS)